Kamis, 25 Juni 2009

KELAPA SAWIT


PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT
(PMKS)


Sebagai pendahuluan, pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) dioperasikan dalam suatu rangkaian proses yang kontiniu, dimana hasil proses dari satu instalasi akan dilanjutkan oleh instalasi berikutnya dengan mempertahankan mutu. Kesalahan yang yang terjadi pada tahap proses tertentu tidak dapat diperbaiki pada proses selanjutnya. (Vademecum, PTPN IV Bah Jambi)
Mengolah tandan buah segar (TBS) membutuhkan penanganan yang serius dan mengikuti norma – norma sehingga tujuan akhir untuk mendapatkan rendemen yang tinggi dapat dipenuhi. Prinsip utama dari pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) adalah “Mengutip minyak setinggi – tingginya dan menekan losis yang serendah – rendahnya”. Pengutipan minyak pertama sekali dilakukan di areal tanaman kelapa sawit, dengan tidak meninggalkan sebuahpun berondolan yang jatuh, pengangkutan yang baik, dan penanganan TBS di loading ramp.
Dapatkah kita mencapai rendemen yang tinggi? Jawabannya pasti bisa. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah potensi minyak itu sendiri. Jika dari hasil penelitian diambil suatu kesimpulan potensi sebesar 25%, tugas selanjutnya adalah menekan losis yang sekecil – kecilnya 1.25% sehingga rendemen yang di dapat sebesar ± 23.75%.
Tidak ada yang tidak mungkin.
(sebuah pemikiran )

TRANSLATE THIS BLOG

Labels